• Identitas
  • Struktural

VISI PROGRAM STUDI AKUNTANSI

Pada Tahun 2032 Menjadi Program Studi Yang Unggul Dalam Bidang Akuntansi Serta Memiliki Komitmen Tinggi Terhadap Pemberdayaan Masyarakat.

MISI PROGRAM STUDI AKUNTANSI

1. Menyelenggarakan sistem pendidikan yang profesional, dinamis, inovatif, demokratis dan berkualitas dalam bidang akuntansi.

2. Menyelenggarakan penelitian ilmiah dalam bidang akuntansi.

3. Mengadakan pengabdian sebagai bentuk kepedulian dan solidaritas sosial dalam rangka penerapan ilmu akuntansi kepada masyarakat.

4. Mengembangkan jiwa dan semangat kewirausahaan. 

TUJUAN PROGRAM STUDI AKUNTANSI

1. Menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang akuntansi yang berbasis pada penguasaan ilmu dan teknologi.

2.  Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas dan etos kerja dalam bidang akuntansi.

3.  Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa dan semangat kewirausahaan.

4.  Menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas sebagai hasil dari kegiatan penelitian ilmiah di bidang   akuntansi.

5.  Terciptanya kemitraan dengan stakeholder dalam bidang akuntansi.

6. Membangun masyarakat khususnya dunia usaha yang memiliki kepentingan terhadap masalah akuntansi.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

Untuk mengikuti trend ekonomi global, Program Studi Akuntansi secara terus-menerus mengembangkan dirinya untuk memupuk dan menghasilkan sarjana strata satu (S1) yang mempunyai jiwa mandiri, inovatif, kreatif dan professional.

Dalam setiap pendidikannya tidak hanya menekankan pada segi kompetensi dalam bidang akuntansi saja, tetapi juga diarahkan untuk dapat memiliki soft skill (keterampilan) sehingga para lulusan Program Studi Akuntansi dapat bersaing di dunia kerja. Softskill yang dibekali Program Studi Akuntansi kepada para mahasiswa adalah mengadakan berbagai seminar, workshop, dan pelatihan yang berkaitan dengan bidang akuntansi berbasis tekhnologi. Saat ini pelatihan yang diselenggarakan oleh Program Studi Akuntansi adalah pelatihan Pajak Terapan Brevet A & B serta pelatihan komputer akuntansi keuangan dengan menggunakan software e-solution dari Perusahaan Silktech Singapore. Adapun kegiatan seminar dan workshop yang diselenggarakan Program Studi Akuntansi diantaranya bekerja sama dengan Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai (PPAJP) Kementrian Keuangan Republik Indonesia, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Cirebon, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat (PD. BPR) Kabupaten Kuningan, Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP Pratama), Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kuningan, Perusahaan Phintraco Securities dan Bursa Efek Indonesia.

KERJASAMA

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, seperti: Dinas Koperasi dan UKM (KUKM) Kabupaten Kuningan, Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kabupaten Kuningan, Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat (PD. BPR) Kabupaten Kuningan, Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP Pratama), Dinas Pendapatan Daerah (DIPENDA) Kabupaten Kuningan, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Perusahaan Phintraco Securities, Bursa Efek Indonesia (BEI).

MAHASISWA DAN LULUSAN

Pada saat ini, mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan terdiri atas mahasiswa reguler dan lanjutan. Mahasiswa lanjutan yang berasal dari luar disiplin ilmu Akuntansi menempuh pendidikannya sesuai dengan hasil penyetaraan yang dilakukan sebelumnya. Jumlah mahasiswa aktif saat ini 452 orang mahasiswa. Dari jumlah tersebut 437 orang mahasiswa reguler dan 15 orang mahasiswa pindahan (transfer). Mahasiswa program studi Akuntansi berasal dari berbagai latar belakang baik asal daerah, tingkat ekonomi maupun status sosialnya. Selama lima  tahun terakhir program studi akuntansi telah menghasilkan 316 lulusan. Dari 316 lulusan tersebut IPK paling kecil 2,47 dan yang terbesar 3,98. Rata-rata IPK secara keseluruhan berada pada rentang 2,75 – 3,50 dengan kategori yudisium sangat memuaskan. Rata-rata kurun waktu penyelesaian studi mereka  yaitu 3 tahun 7 bulan. 

Berdasarkan hasil penelusuran alumni baik yang dilakukan oleh Program Studi Akuntansi maupun Career Development Center (CDC) melalui angket (kuesioner) bahwa sebagian besar lulusan Program Studi Akuntansi telah terserap di dunia kerja, diantaranya di Instansi Pemerintah, Perusahaan Swasta, BUMN/BUMD dan wirausaha.

SARANA PRASARANA

Sarana dan Prasarana yang dipakai Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan untuk pelaksanaan proses pembelajaran antara lain:

1.  Gedung dan ruang kuliah. Gedung Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan merupakan milik Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan yang menjadi yayasan pembina Universitas Kuningan. Kualitas gedung secara umum baik yaitu terdiri dari 7 ruang kelas, 1 ruang pelayanan administrasi, 1 ruang pimpinan, 1 ruang program studi, 1 ruang sidang skripsi,  7 ruang dosen, 1 ruang galeri investasi, 1 ruang laboratorium komputer, 1 ruang laboratorium akuntansi, 1 ruang kantin, tempat parkir motor dan mobil, dan 6 ruang toilet

2. Perpustakaan. Fasilitas perpustakaan terpusat pada Perpustakaan Universitas Kuningan. Walau demikian Fakultas Ekonomi dan Program Studi Akuntansi juga memiliki perpustakaan mini yang menyediakan bahan–bahan literatur yang dibutuhkan oleh dosen dan mahasiswa.

3.  Laboratorium. Program studi akuntansi memiliki Laboratorium Komputer dan akuntansi yang dilengkapi dengan 44 unit komputer yang bisa digunakan untuk pelaksanaan praktikum akuntansi.

4.  Fasilitas internet. Fakultas ekonomi telah memiliki jaringan internet yang bisa diakses melalui local area conection ataupun hotspot yang bisa diakses secara bebas disekitar kampus.

Enung Nurhayati, SE., M.Si., Ak., CA.

Enung Nurhayati, SE., M.Si., Ak., CA.

Ketua Program Studi Akuntansi

Neni Nurhayati, SE., M.Si., Ak.,CA.

Neni Nurhayati, SE., M.Si., Ak.,CA.

Sekretaris Prodi Akuntansi

Teti Rahmawati, M.Si., Ak., CA.

Teti Rahmawati, M.Si., Ak., CA.

Kepala Lab Akuntansi

Oktaviani Rita, M.Si., Ak., CA

Oktaviani Rita, M.Si., Ak., CA

Dosen

Prof. Dr. Dadang Sadeli, M.Si

Prof. Dr. Dadang Sadeli, M.Si

Dosen

Prof. Dr. Eeng Ahmad, M.S

Prof. Dr. Eeng Ahmad, M.S

Dosen

Dr. Herma Wiharno, M.Si

Dr. Herma Wiharno, M.Si

Dosen

Dr. Eyo Asro Sasmita, M.M

Dr. Eyo Asro Sasmita, M.M

Dosen

Dr. Dikdik Harjadi, M.Si

Dr. Dikdik Harjadi, M.Si

Dosen

Dr. Ayus Ahmad Yusuf, M. Si

Dr. Ayus Ahmad Yusuf, M. Si

Dosen

Dadang Suhendar, M.Si

Dadang Suhendar, M.Si

Dosen

Lia Dwi Martika, M.Si.

Lia Dwi Martika, M.Si.

Dosen

Amir Hamzah, M.Si.

Amir Hamzah, M.Si.

Dosen

Dendi Purnama, M.Si.

Dendi Purnama, M.Si.

Dosen

Siti Nuke Nurfatimah, M.Sc.

Siti Nuke Nurfatimah, M.Sc.

Dosen

Syahrul Syarifudin, M.M

Syahrul Syarifudin, M.M

Dosen

Ratih Krisnawati, S.Kom

Ratih Krisnawati, S.Kom

Staff

Iim M. Malik Ibrohim, A.Md

Iim M. Malik Ibrohim, A.Md

Staff